得不偿失 (débùchángshī)

Apa ya arti dari setiap kata penyusun peribahasa kali ini?

得 (dé)         memperoleh (keuntungan)

不 (bù)         tidak

偿 (cháng)  mengkompensasi

失 (shī)        kehilangan; kerugian

Secara keseluruhan, peribahasa di atas memiliki makna “keuntungan yang diperoleh tidak sebanding dengan kerugian yang ditanggung”. “Keuntungan” disini memiliki makna yang luas, mencakup segala sesuatu yang kita peroleh baik yang dapat diukur dengan materi maupun tidak. Di sisi lain, “kerugian” pun dapat mencakup kerugian materi, waktu, tenaga, dan sebagainya yang telah kita curahkan dalam usaha untuk memperoleh sesuatu. Oleh karena itu, peribahasa ini sangat cocok dipergunakan pada saat kita terlibat dalam suatu situasi, aktivitas, maupun pekerjaan yang membutuhan banyak uang, waktu, dan tenaga, namun tidak atau sangat sedikit menghasilkan keuntungan.

 

本来       想          花钱    来       享受          滑雪,  没      想      到       打断    一条    腿,  真    是      得不偿失。

Běnlái xiǎng huāqián lái xiǎngshòu huáxuě, méi xiǎng dào dǎduàn yìtiáo tuǐ, zhēn shì débùchángshī.

Awalnya ingin menghabiskan uang untuk menikmati permainan ski, tidak disangka menyebabkan patah satu kaki, benar-benar “keuntungan yang diperoleh tidak sebanding dengan kerugian yang ditanggung”.

 

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa peribahasa tersebut tentu saja tidak dapat digunakan untuk menggambarkan proses belajar bahasa Mandarin. Karena seberapa besar pun usaha yang harus kita curahkan supaya dapat menguasai bahasa Mandarin, pada akhirnya akan terkompensasi oleh terbukanya berbagai kesempatan baru dalam kehidupan, misalnya tawaran untuk bekerja di perusahaan China ternama, kesempatan untuk melanjutkan studi ke China, perkenalan dengan teman baru, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi, segera daftar les Mandarin di “Mandarin For You” untuk belajar lebih banyak tentang bahasa Mandarin!

Les Mandarin - Keuntungan tidak Sebanding dengan Kerugian
Keuntungan tidak Sebanding dengan Kerugian

Leave a Comment